Kamis, Maret 29, 2012

Rahasia Ilmiyah Sunnah Pengaruh Senyum Pada Bisnis Dan Kesehatan

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam guru manusia bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِيْ وَجْهِ أَخِيْكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah…

Pepatah Cina mengatakan, “Seseorang yang tidak mengenal bagaimana cara tersenyum maka dia tidak pantas membuka usaha perdagangan.”
Ada sebuah kisah, bahwa para pekerja di sebuah supermarket besar di kota Paris meminta kepada pemilik supermarket tempat mereka bekerja, untuk menaikkan gaji mereka. Ternyata permintaan mereka ini dijawab oleh sang empunya supermarket dengan penolakan..! Para pekerja telah mengetahui makna dari pepatah cina tadi, kemudian mereka semuapun bersepakat untuk tidak tersenyum kepada para pelanggan atau pembeli di supermarket tersebut, sebagai bentuk protes atas putusan pemilik supermarket tadi. Maka apa yang terjadi setelah itu?. Pemasukan laba tempat itu pada minggu pertama turun drastis hingga 60 % dibanding pemasukkan minggu-minggu sebelumnya! Inilah senyuman yang mempunyai pengaruh kuat dalam mempengaruhi hati dan perasaan manusia.

Dalam sebuah senyuman, selalu teriring penghangat segala rasa. Ada sebuah fakta ilmiah yang mengatakan bahwa manusia ketika tersenyum maka dia menggunakan 13 otot dari sebagian otot-otot di wajahnya, sedangkan saat bermuka masam, maka manusia membutuhkan 74 otot. Dan sangat disayangkan, kita sering berbuat ‘ngotot’ yang selalu menggunakan 74 otot ini dalam banyak hal.



oleh: Tohari bin Misro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar